Hotline : 081 917 331 531 ardni.satria@gmail.com

Tips Belajar Mobil – Kamu belum bisa nyetir mobil tapi punya keinginan kuat untuk bisa? Yuk, sebaiknya kamu belajar nyetir mobil. Meski kamu punya mobil atau tidak, keterampilan ini pasti akan dibutuhkan suatu saat nanti. 

Seiring berjalannya waktu, kamu dituntut lebih “mandiri”, mengingat padatnya pekerjaan yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu, banyak orang masa kini yang tertarik belajar mengemudikan mobil untuk memudahkan pekerjaannya. 

Baca juga : Tips Membeli Mobil Baru

Tips Belajar Mobil

Ilustrasi Tips Belajar Mobil
Ilustrasi Tips Belajar Mobil, Sumber : kompas.com

Agar lebih cepat mahir mengendarai mobil dan tidak merasa grogi, berikut beberapa tips belajar mobil untuk Anda.

1. Meminta Didampingi

Selama berlatih mengendarai mobil, sebaiknya Anda meminta didampingi oleh salah satu anggota keluarga maupun kerabat terdekat. Apabila ingin lebih mahir mengemudikannya, dianjurkan mengambil kelas kursus sebagai alternatif terbaiknya.

Informasi terkait kursus nyetir mobil sudah banyak beredar di internet, salah satunya di website-website yang bisa dengan mudah diakses. Bagi kamu yang punya website bisnis dan ingin mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari, kamu bisa menggunakan jasa optimasi seo.

2. Mengikuti Kursus

Tidak semua orang yang bisa menyetir mobil, bisa mengajarimu. Mereka mungkin mahir praktiknya, tapi kurang pandai dalam menyampaikan ilmu yang dimiliki. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengambil kursus mengemudi.

Pastinya, kamu akan didampingi oleh staf yang telah ahli mengemudi dan justru akan memandumu dengan sabar. Selain itu, mobil pada kursus umumnya memiliki pedal yang sama di bawah kursi penumpang depan.

3. Menentukan Transmisi Mobil

Tentukan juga transmisi mobil yang kamu inginkan. Mengemudi mobil matic tentu saja akan lebih mudah dibandingkan mobil manual. Pertimbangkan banyak hal sebelum memilih.

Ilustrasi Transmisi Mobil
Ilustrasi Transmisi Mobil, Sumber : kompas.com

Untuk mobil manual dengan memiliki tiga pedal, kamu perlu menyeimbangkan pedal rem dan kopling serta menghafal dengan cepat perpindahan gigi. Sementara, mobil matic hanya memiliki dua pedal, yang terdiri dari rem dan gas saja, tanpa ada perpindahan gigi yang kompleks. Adapun salah satu jenis mobil yang bisa kamu pertimbangkan yakni mobil honda.

4. Memahami Marka Jalan

Marka jalan dibuat tentu saja untuk memudahkan pengguna jalan satu dan lainnya dalam berkendara di jalan. Misalnya, saat mengemudi, kamu perlu memperhatikan marka yang membagi jalan menjadi dua bagian, umumnya, garis putih lurus dan putus-putus. Lurus berarti kamu gak diperbolehkan mendahului, sementara putus-putus sebaliknya.

Hal tersebut juga berlaku saat berhenti di lampu merah. Pastikan kamu menghentikan mobil tepat berada di belakang zebra cross.

5. Mencoba Berlatih di Lapangan

Tips belajar mobil selanjutnya adalah berlatih di tempat yang tepat seperti lapangan luas sebagai alternatifnya bukan hanya sekedar belajar di meja belajar. Lapangan dikatakan sebagai tempat terbaik untuk berlatih berkendara, karena Anda tidak akan menemukan hambatan seperti kemacetan ataupun medan jalanan yang berliku. 

Bagaimana jika tidak menemukan lapangan luas di sekitar hunian? Anda bisa menjadikan jalanan umum yang tidak banyak dilalui oleh pengendara sebagai alternatif belajar berkendara. Hal ini dilakukan, agar perasaan grogi dan was-was bertemu dengan pengendara lain tidak terlalu dirasakan. 

6. Mempertahankan Fokus 

Mengendarai sebuah mobil bisa menjadi masa menegangkan bagi para pengemudi mobil pemula. Bahkan perasaan khawatir sudah dirasakan ketika masuk ke dalam kabin kendaraan, di mana Anda akan disambut dengan banyaknya tombol yang harus dioperasikan di saat yang tepat. 

7. Memahami Fungsi Panel dan Tuas

Ada banyak fungsi yang perlu kamu tahu dari tuas dan panel. Misalnya, yang paling sering digunakan adalah tuas sein yang berada di bagian kanan bawah kemudi. Selain itu, masih ada tuas rem tangan, lampu jauh dan dekat, lampu hazard, tuas wiper, dan lainnya.

Untuk panel juga jangan sampai lupa, cek indikator bahan bakar, letak tangki bahan bakar, dan informasi posisi gigi kamu sekarang.

8. Memahami Tombol

Ilustrasi Kabin Mobil
Ilustrasi Kabin Mobil, Sumber : kompas.com

Ketika pertama kali harus mengoperasikan mobil, rasa takut dan grogi akan menyelimuti perasaan Anda. Sebenarnya kondisi tersebut cukup wajar terjadi, mengingat resiko yang harus ditanggung pengemudi cukup besar. 

Namun perasaan grogi bisa diminimalisir dengan bekal informasi dasar mengenai fungsi setiap tombol dan fitur yang ada. Pengemudi akan dihadapkan dengan berbagai jenis tombol dengan fungsi berbeda, sehingga Anda harus memahami fungsinya agar dapat digunakan dengan optimal. 

Tanpa memahami informasi dasar tersebut, wajar jika Anda merasa takut untuk mengendarainya. Usai memahami setiap fungsi tombolnya, segera terapkan ilmu yang didapatkan agar lebih cepat mahir berkendara. 

9. Mencoba Belajar 90 Hari

Setelah bisa menguasai mengemudi secara mendasar, kamu harus mencoba untuk belajar secara terus menerus selama 90 hari. Jangka waktu ini disarankan agar kemampuan mengemudimu semakin lancar dan tidak kagok saat di jalanan.

Cobalah latihan berhenti di lampu merah, parkir dengan berbagai metode, berbelok dengan aman, dan yang lainnya. Kalau sudah, kamu tidak akan lupa meski lama tidak nyetir mobil.

Baca juga : Tips Merawat Mesin Mobil

10. Meningkatkan Level

Semua orang harus melewati proses pembelajaran untuk menguasai bidang tertentu, begitu pula ketika berlatih mengendarai mobil. Setiap orang memiliki waktu berbeda untuk bisa menguasainya, namun dengan rutin berlatih tentunya proses belajar tidak akan menghianati hasil. 

Oleh sebab itu, teruslah asah kemampuan Anda dan tidak berhenti berlatih di satu medan saja. Jika menyetir di padatnya jalan perkotaan sudah lihai dilakukan, tidak ada salahnya mencoba menyusuri medan yang lebih ekstrim dengan tingkat kesulitan lebih tinggi seperti jalan kompleks perumahan atau jalan menanjak. 

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips belajar mobil yang bisa Anda praktekkan. Ketika mahir mengendarai mobil, maka berbagai pekerjaan akan menjadi lebih mudah dilakukan. Kalau kamu sudah menguasai dan terus belajar, pasti tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menguasainya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Open chat
Info Promo