Hotline : 081 917 331 531 ardni.satria@gmail.com

Honda Brio dan Toyota Agya bisa dikatakan sebagai dua kendaraan rival dari segi penjualan, style dan kelebihan maupun kekurangannya. Di Indonesia sendiri, mobil tipe ini sudah ramai di setiap jalanan kota. Hal ini tentu saja mengundang rasa penasaran tentang perbedaan Honda Brio dan Toyota Agya.

Sejak dulu, tipe mobil terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan selera pasar. Mobil kecil yang sejak dulu dikenal seperti sedan, kini telah berevolusi menjadi hatchback. Hatchback adalah tipe kendaraan sedan yang bagian belakangnya (bagasi) lebih pendek. Namun komposisinya hampir sama dilihat dari ciri yaitu memiliki 2 box penumpang, mesin didepan dan bagasi dibelakang. Dalam hal ini, hatchback memperkecil bagian bagasi bahkan bisa dikatakan tidak memiliki bagasi.

Honda Brio dan Toyota Agya sama-sama merupakan tipe kendaraan hatchback. Kendaraan ini lebih nyaman dipakai untuk penumpang sedikit di lintasan perkotaan. Dari segi style, kendaraan ini juga trendi dan meningkatkan rasa percaya diri pengendaranya. Namun, apa sih perbedaan Honda Brio dan Toyota Agya?

Perbedaan Honda Brio dan Toyota Agya

Dua kendaraan ini memang sejenis namun memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga menarik untuk membahas perbedaannya. Terutama bagi siapapun yang sedang mempertimbangkan untuk membeli kendaraan tipe ini. Nah berikut beberapa hal yang terlihat berbeda dari kedua kendaraan city car ini.

Honda Brio, sumber Oto
Honda Brio, sumber Oto

1. Harga

Yang pertama kali ingin diketahui peminat sudah pasti adalah harga. Kedua kendaraan ini bisa terlihat hampir sama karena ukuran dan bentuknya, namun ternyata memiliki harga yang berbeda. Bisa jadi karena terdapat hal-hal yang mengungguli satu sama lainnya. Namun, belum tentu yang harganya murah lebih berkualitas.

Sejak awal diluncurkan, harga Honda Brio berkisaran harga 149 juta hingga 170 Juta rupiah. Sedangkan untuk Toyota Agya memiliki kisaran harga 139 juta hingga 160 Juta rupiah. Harga ini tentu akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Karena umur kendaraan akan semakin bertambah. Lantas, bagaimana pertimbangan Anda? Memilih yang lebih murah? Atau masih ingin melihat perbedaannya lebih dalam?

2. Tahun Produksi

Ternyata kedua kendaraan ini sama-sama launching di tahun 2012 yang lalu. Wah, benar-benar rival sejati ya. Sudah tampak sama, saling berebut pasar di waktu yang sama pula. Namun Honda Brio lebih awal 1 bulan, yaitu di bulan Agustus 2012 sedangkan Toyota Agya di bulan September 2012. lantas, apakah umur yang lebih matang (awal) dapat memberikan perbedaan pada kualitas? Tetapi hanya berbeda sebulan saja mungkin tidak bisa dilihat dari sudut pandang kematangan. Bagaimana dengan spesifikasi keduanya?

3. Cabin

Dilihat dari Cabin kendaraanya, baik di baris depan maupun di baris kedua, ternyata Honda Brio memiliki Cabin yang lebih luas. Panjang wheelbase dan bodinya memiliki imbuhan (tambahan) sekitar 6 cm dan 16 cm. Sehingga ruang untuk kaki penumpang dan bagasi lebih lapang. Selain itu pada setiap tempat duduk terdapat head rest. Sedangkan Toyota Agya pada bagian yang sama, ukuran lebih kecil namun bagasinya masih terbilang cukup luas.

4. Mesin

Toyota Agya, sumber hargatoyotajatim.com
Toyota Agya, sumber hargatoyotajatim.com

Untuk bagian mesin ternyata cukup seimbang. Spesifikasinya mesin Honda Brio adalah mesin 4-silinder 1,2-liter berteknologi katup variabel. Berdaya 88,7 Tk dan torsi 110 Nm. Sedangkan Toyota Agya menggunakan mesin 4-silinder 1,2 liter Dual VVT-i berdaya 86,7 Tk dan 107 Nm untuk torsinya. Keduanya memiliki transmisi menggunakan tipe otomatis konvensional 4-speed. Manual 5-speed tersedia juga.

Namun, tentu saja terdapat sedikit perbedaan. Dilihat dari dayanya, semburan tenaga Brio kelihatan lebih besar dibandingkan dengan Toyota Agya. Namun perbedaan cukup kecil untuk diperhitungkan. Sebab, tidak semua peminat membutuhkan mobil yang lebih cepat. Peminat kendaraan ini biasanya lebih mempertimbangkan hal lain seperti efisiensi dan ekonomis.

5. Fitur

Fitur keamanan dari Honda Brio terhitung lebih baik meskipun Toyota Agya juga memenuhi standar. Terutama untuk fitur air bag dan fasilitas keselamatan penumpang Bayi dalam kendaraan. Sedangkan untuk fitur audio, keduanya dilangkapi dengan bluetooth dan audio steering switch yang lebih memudahkan.

Bagaimana? Sudak memiliki cukup informasi untuk pertimbangan? Jika belum, carilah informasi lebih banyak lagi. Disini kami menyediakan banyak informasi terkait harga mobil Honda di Lombok dan harga mobil Honda Brio. Semoga bermanfaat!