Hotline : 081 917 331 531 ardni.satria@gmail.com

Perawatan Mobil Matic – Mobil matic seperti Honda Brio adalah kendaraan mobil dengan transmisi yang berbeda dengan kendaraan transmisi manual. Jenis transmisi matic bisa dikatakan lebih maju dibandingkan yang manual. Produk kendaraan matic ini juga sudah laku dan digunakan banyak pengendara.

Namun yang kurang adalah pengetahuan mengenai bagaimana kendaraan matic bagi sebagian orang. Meski sudah terdapat montir, namun sebagai pemilik kendaraan kita perlu memiliki sedikit pemahamannya seperti tentang perawatan mobil matic.

Cara Perawatan Mobil Matic

Mobil matic berbeda dengan mobil transmisi manual. Bukan hanya dari segi teknis mengemudinya, beberapa komponennya juga berbeda. Karenanya, perawatan mobil matic juga sedikit berbeda. Simak cara perawatan mobil matic berikut ini.

1. Service Mobil Secara Rutin

Service mobil rutin memang salah satu yang diharuskan. Setiap kendaraan terutama mesin yang terus dipakai harus diberikan penyegaran melalui services rutin. Mobil matic yang saat ini masih terus berkembang, melalui services rutin maka pemilik mobil akan mendapatkan informasi terbaru untuk melakukan upgrade pada kendaraanny.

2. Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Dalam penggunaan mobil matic yang cenderung lebih praktis dibandingkan manual, biasanya mesin dan rem menjadi salah satu yang sering harus diperiksa. Mengganti oli secara berkala dapat merawat mesin lebih lama meskipun pemakaian kendaraan yang cukup sering.

3. Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan kendaraan memiliki manfaat yang penting untuk ketahanan kendaraan. Mesin sebagai jantungnya kendaraan akan memicu gerak seluruh komponen lainnya melalui pemanasan kendaraan sebelum mobil digunakan. Jika tidak dipanaskan dan langsung dipakai, jika terdapat bagian yang tidak normal, akan tidak mampu diantisipasi sejak dini.

Ilustrasi Mobil Matic, sumber ig tomsbrio
Ilustrasi Mobil Matic, sumber ig tomsbrio

Salah satu yang sering dipahami adalah pelumasan. Saat kendaraan digunakan langsung, pelumasan mesin belum sempurna sehingga akan terjadi resiko. Jadi, jika dipanaskan terlebih dahulu, pelumasan mesin akan terjadi dan saat digunakan mesin akan memiliki performa terbaiknya.

4. Mengecek Valve dan Transmisi Oli

Mobil matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi seperti kebocoran pada gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu, valve dan transmisi oli harus rutin dicek untuk memastikan komponen gasket ini.

Kendaraan yang memiliki tipe manual maka sangat berbeda dengan kendaraan matic. Untuk mobil matic bisa mengalami kerusakan berupa valve rusak dan valve bocor, maka ini bisa terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas. Berbeda dengan kendaraan manual yang penggantian transmisinya manual.

5. Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Perbedaan kendaraan mobil matic dengan kendaraan yang bertransmisi manual yaitu terdapat tambahan oli transmisi matic. Dalam perawatan mobil matic perlu memelihara keadaan oli transmisi otomatis-nya, maka Anda pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur, karena sudah di ketahui bahwa mobil matic minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi.

Anda bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil. Jenis pelumas yang sering Anda pakai, berat atau ringan-nya saat Anda melakukan perjalanan, maka ini adalah salah satu waktu penggantian oli pelumas yang biasanya dipakai.

6. Mengenali Kerusakan Mesin

Sering tidak selarasnya perputaran mesin mobil matic Anda dengan laju mobil matic maka harus Anda perhatikan bahwa rusaknya transmisi matic yang sering terjadi adalah kopling slip, suara mesin yang kasar saat dipakai berjalan dengan laju yang sangat tinggi tetapi laju mobil tidak seimbang, hentakan gigi persneling saat ingin dipindahkan.

Maka saat Anda pertama kali membeli mobil yang bermesin matic, maka sebaiknya Anda memperhatikan dan membaca buku panduan mobil matic tersebut, buku panduan memiliki manfaat yang banyak untuk Anda karena di dalam buku panduan banyak memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat mobil matic dengan benar dan baik, selain itu buku panduan juga memberi informasi kepada Anda tentang garansi mobil matic.

Itu dia beberapa ulasan terkait bagaimana merawat kendaraan mobil bertransmisi matic. Semoga informasi ini dapat membantu Anda para pemilik kendaraan. Showroom honda mobil brio di Lombok dapat membantu Anda apabila memerlukan informasi.